Kota Tua Jakarta, Dibalik Kisah Kota Batavia/Jakarta

Kota Tua Jakarta, Dibalik Kisah Kota Batavia/Jakarta

a-city.info – Berbicara tentang Batavia, mungkin semua orang sudah tahu salah satu peninggalan jaman dulu yaitu Kota Tua Jakarta. Salah satu tempat yang tidak mungkin dilewatkan oleh para turis yang berkunjung ke Kota Metropolitan ini. Tahukah Anda, bahwa dulu sebelum dikenal dengan nama Kota Tua, kawasan ini lebih sering disebut Batavia Lama. Sebagai tempat bersejarah bagi Kota Jakarta dan juga Indonesia.

Disini Anda bisa menyaksikan peninggalkan masa lampau dan selalu ramai pengunjung saat akhir pekan. Bahkan tidak hanya ramai oleh turis lokal saja, banyak juga wisatawan mancanegara yang juga menyempatkan diri untuk berkunjung kesini.

Selain Monas, Kota Tua Jakarta juga menjadi ikon perkembangan peradaban yang Berjaya saat masa colonial. Sehingga Kota Tua dijadikan sebagai cagar budaya dimana desain dan bentuknya masih dipertahankan hingga saat ini untuk mengenang awal terbentuknya. Gedung ini sendiri adalah simbol kekuasaan dan kejayaan yang diperebutkan oleh banyak para pemimpin besar di masa lalu. Konon menurut cerita, siapapun yang berhasil untuk menguasai wilaya Kota Tua atau Batavia Lama, mereka pantas disebut sebagai pemimpin sejati.

Kota Tua Jakarta berada diantara dua kota madya yaitu Jakarta Utara dan Jakarta Barat, atau tepatnya berada di Kelurahan Pinangsia, Kecamatan Tamansari. Lokasinya memang cukup strategis sehingga tak heran jika kawasan ini dulunya menjadi rebutan para penguasa. Mulai dari Kerajaan Tarumanegara, Pajajaran, Kesultanan Banten, VOC hingga Jepang pun turut memperebutkan kekuasaan di wilayah Batavia Lama ini.

Baca juga : Jadi Destinasi Favorit di Jerman, Begini Sejarah Kota Berlin yang Nggak Boleh Dilewatkan

Wilayah dengan luas sekitar 1,3 km persegi ini dahulunya juga pernah dijuluki sebagai “Permata Asia” dan “Ratu Dari Timur”. Sebagai kawasan yang menjadi pusat perdagangan yang cukup strategis di Asia. Apalagi didukung dengan hasil yang sangat melimpah di tempat ini. Sehingga wajat saja jika  banyak para pemimpin yang tidak rela untuk melepas kekuasaan di wilayah ini.

Bagaimana dengan Kota Tua Jakarta saat ini?

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa saat ini Kota Tua Jakarta menjadi ikon bangunan kuno di ibukota. Tak jarang tempat ini dijadikan sebagai kawasan saat HUT Kota Jakarta atau event-event bersejarah lainnya untuk mengenang kisah kota Batavia Lama. Beberapa jenis pertunjukkan yang sering diadakan disini seperti pameran Sejarah Jakarta, Pameran Kebudayaan Betawi, Pameran Lukisan dari Seniman Betawi, Pagelaran Seni Lenong serta Penghelatan Akbar untuk mengenang sejarah dari Kota Tua Jakarta.

Biasanya event-event yang diadakan di Kota Tua Jakarta digelar setiap dua tahun sekali dan didukung oleh banyak seniman Jakarta. Mengingat betapa klasiknya tempat bersejarah ini, Anda bisa menyempatkan diri untuk berkunjung ke Kota Tua Jakarta ketika berkesempatan mengunjungi Ibukota.

shares