Jadi Destinasi Favorit di Jerman, Begini Sejarah Kota Berlin yang Nggak Boleh Dilewatkan

Jadi Destinasi Favorit di Jerman, Begini Sejarah Kota Berlin yang Nggak Boleh Dilewatkan

a-city.info – Jerman merupakan salah satu negara di Eropa yang banyak dikunjungi oleh turis asing, terutama Berlin. Sebagai ibukota Jerman, Berlin memiliki peran penting dalam bersatunya masyarakat jerman. Tak hanya itu, banyak peristiwa bersejarah terjadi di berlin yang membuat masyarakat semakin tertarik dengan kota tua ini. Tak heran, jika Berlin, tepatnya tembok Berlin menjadi destinasi favorit saat ke Jerman. Kira-kira bagaimana sejarah kota Berlin? Yuk, simak cerita lengkapnya berikut ini.

Berawal Sebagai Ibukota Prusia

Berlin dulunye merupakan sebuah kota kecil yang menjadi pusat pemerintahan (ibukota) negara Prusia yang berlangsung sejak abad ke-13. Perkembangan pesat negara kecil tersebut ternyata menjadi salah satu alasan kota ini kemudian dijadikan sebagai basis kerajaan Jerman. Selama menjadi basis kerajaan Jerman tersebut, Berlin menjadi lebih terkenal dan mengalami kemajuan di berbagai bidang mulai dari bidang ilmu sosial, alam, musical, pendidikan, politik dan pemerintahan hingga militer.

Berdirinya Tembok Berlin

Perpecahan kota Berlin yang menjadi basis kerajaan Jerman ini terjadi ketika Perang Dunia II yang memang sangat berdampak ke banyak negara. Tak hanya Berlin, banyak kota-kota lainnya yang ikut hancur akibat perebutan wilayah dari negara adidaya ini. Kala itu, kota Berlin hancur oleh bom yang meledak dimana-mana. Bahkan, banyak pertempuran yang terjadi sepanjang jalan.

Berakhirnya PD II ini ternyata berdampak pada terjadinya perpecahan Jerman menjadi Jerman Barat dan Timur layaknya Korea. Kedua blok ini masing-masing dikuasai oleh Uni Soviet dan Amerika Serikat sesuai yang tertera dalam perjanjian. Namun, seiring berjalannya waktu mereka saling berkhianat dan pada akhirnya dibangunlah sebuah tembok yang terkenal di kota Berlin yiatu Tembok Berlin.

Tembok Berlin sengaja dibangun oleh pihak pemimpin Jerman Timur untuk membatasi seluruh akses masyarakatnya dari Jerman Brat. Tembok pembatas ini dibangun tinggi dilengkapi kawat berduri di bagian atasnya dan memisahkan kota Berlin menjadi Berlin Barat dan Berlin Timur. Tembok ini juga menjadi salah satu bukti banyaknya nyawa warga Jerman Timur yang tumbang saat berusaha melarikan diri ke Jerman Barat.

Baca juga: Kota Tua Jakarta, Dibalik Kisah Kota Batavia/Jakarta

Reunifikasi Jerman

Perpecahan Jerman yang berlangsung lama ini akhirnya menemukan titik terang. Tepat pada tanggal 9 November 1989 terbit sebuah deklarasi dari pemerintah Jerman boleh berkunjung ke Jerman Barat dan sebaliknya. Hal ini terjadi setelah banyak aksi warganya yang berusaha menentang dan menimbulkan kerusuhan di sekitar Tembok Berlin. Bahkan, tak sedikit juga dari mereka yang berusaha merusak dan meruntuhkannya. Alhasil, tepat pada 3 Oktober 1990 terbentuklah reunifikasi Jerman yang mempersatukan Jerman Barat dan Jerman Timur menjadi satu sebagai warga negara Jerman. Sebagai salah satu kota yang menjadi saksi perjuangan mereka, Berlin pun akhirnya dijadikan sebagai ibukota Jerman.

Nah, itulah tadi sejarah kota Berlin yang sangat bermakna untuk warga Jerman. Ingat ya, pastikan untuk mampir ke Tembok Berlin saat berkunjung ke negara Pnaser tersebut.

shares